Tokyo, CNN Indonesia —
Sebagai salah satu produsen Kendaraan Pribadi terbesar di dunia, dengan total produksi 4 juta unit setiap tahunnya di seluruh dunia, Daihatsu Kendaraan Bermotor Roda Dua Corp ternyata memiliki rahasia di balik proses pengembangan Kendaraan Pribadi-mobilnya. Apa itu?
Daihatsu membocorkan resep rahasianya tersebut saat Kyoto Plant Indonesian Media Tour, Senin (27/10). CNNIndonesia.com menjadi salah satu peserta dalam aktivitas tersebut.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Fukushima, Plant Manager Kyoto Plant, mengatakan bahwa resep Berhasil mereka membuat Kendaraan Pribadi dengan Mudah tapi tetap Unggul Merupakan filosofi produksi mereka yang disebut SSC, singkatan dari Simple, Slim, dan Compact.
“Konsep ini berawal dari ide untuk menerapkan proses produksi efektif dengan memanfaatkan efisiensi ruang dalam membuat kendaraan Kei-Car dan Kendaraan Pribadi kecil,” kata Fukushima.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Fukushima mengatakan konsep SSC pertama kali diimplementasikan di Pabrik Oita lini 2. Justru, Di waktu ini Sebelumnya diterapkan di pabrik-pabrik lain di Jepang, termasuk Kyoto Plant.
Konsep SSC Bahkan diterapkan di pabrik Astra Daihatsu Kendaraan Bermotor Roda Dua (ADM) Karawang Assembly Plant 2, Indonesia. Menurut Fukushima konsep ini dapat Mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi proses produksi, dan menjadi fondasi dasar manufaktur.
Lebih lanjut, penerapan SSC ini terwujud dalam banyak hal. Di Body Shop, Daihatsu mengembangkan jalur produksi tanpa jig yang berlebihan.
|
Kyoto Plant merupakan salah satu pabrik penting Daihatsu, dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 230 ribu unit dan takt time maksimum 0,9 menit. (CNN Indonesia/Damar Iradat)
|
Kemudian, di Paint Shop, volume fasilitas ditekan untuk efisiensi, sementara di lini perakitan beberapa pekerjaan disatukan dalam satu proses. Hasilnya, jalur produksi lebih pendek, langkah kerja berkurang, dan waktu produksi menjadi lebih singkat.
Hal ini terbukti dari jumlah produksi Kyoto Plant yang mencapai 230 ribu unit per tahun dengan takt time atau ritme produksi hanya 0,9 menit per unit. Justru demikian, kecepatan produksi ini sejalan dengan kualitas.
Fukushima mengatakan konsep SSC tersebut dipadukan dengan peran People Friendly Factory. Menurutnya perusahaan memastikan para karyawan dapat bekerja secara optimal.
Hal ini terlihat dari proses pengecatan manual yang Di waktu ini digantikan robot, dan pekerjaan yang sebelumnya memerlukan banyak gerak Di waktu ini disinkronkan Supaya bisa lebih efisien.
“Kami Bahkan memperkenalkan kursi mudah akses untuk perakitan interior kendaraan, sehingga mengurangi beban kerja operator,” kata Fukushima.
|
|
“Dengan berbagai inisiatif ini, pabrik Kyoto menjadi tempat kerja yang nyaman untuk semua orang, tanpa memandang usia maupun gender,” lanjut Ia.
Ia menambahkan Di waktu ini Bahkan Daihatsu Bahkan tengah mendorong Teknologi Digital pabrik dalam produksi Kendaraan Pribadi. Menurutnya Di waktu ini Bahkan Teknologi Digital Sebelumnya memasuki tahap dua, Dikenal sebagai membangun sistem visualisasi data, pemantauan status peralatan, serta penilaian otomatis dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (AI).
Ke depan, perusahaan menargetkan sistem yang mampu melakukan kontrol otomatis pada setiap proses dan pemeliharaan prediktif untuk mencegah gangguan lebih dini.
(dmi/dmi)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA
