Jakarta, CNN Indonesia —
Influencer saham Ahmad Rafif Raya mengaku melakukan kesalahan dan gagal dalam mengelola dana Penanaman Modal yang dititipkan Sebanyaknya investor sebesar Rp71 miliar.
Pengakuan itu ia sampaikan usai kasusnya viral di media sosial.
“Saya bertransaksi dan mengalami kerugian, Sekalipun demikian melaporkan dan Menyajikan keuntungan kepada para investor,” ujar pria asal Makassar itu dalam surat pernyataan kewajiban pembayaran utang yang ditandatangani 9 Juni 2024.
Imbas melaporkan kondisi yang tidak sesuai, mayoritas investor pun Pada akhirnya melakukan penarikan yang melebihi nilai keuntungan yang diberikan. Karenanya, dari waktu ke waktu keadaan ini membuat nilai dana pengelolaan semakin menyusut.
“Bahwa dalam hal ini sebagai manusia biasa yang bergelut di dunia Penanaman Modal dengan perhitungan untung rugi, saya menyadari Sudah melakukan kesalahan,” imbuh Rafif.
Untuk itu, ia pun berjanji ke kliennya untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan menanggung seluruh nilai Penanaman Modal dengan mengkonversinya menjadi utang. Adapun total nilai Penanaman Modal Merupakan sebesar Rp71.811.674.410.
Pembayaran utang itu, kata Ahmad Rafif, Akan segera dilakukan secara bertahap. Pembayaran dilakukan sejak 1 Juli 2024 dan Akan segera berakhir pada 1 Juli 2027.
Ahmad Rafif pun meminta para korbannya untuk tidak melakukan tindakan hukum ataupun yang bersifat intimidatif dan mengganggu konsentrasinya beserta tim untuk bekerja memaksimalkan pembayaran utang tersebut.
Menanggapi hal tersebut, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan Merujuk pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hanya pihak yang mendapatkan izin dari OJK yang boleh mengelola dana publik.
“Tentunya mereka (influencer) tidak boleh Menyajikan rekomendasi saham, apalagi mengelola dana tanpa izin OJK,” katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/7).
Untuk para influencer atau pegiat media sosial, Jeffrey mengatakan BEI Sudah Menyajikan edukasi berupa Sekolah Bursa Efek beberapa tahun terakhir. Dengan begitu, mereka diharapkan bisa menyampaikan informasi yang benar seputar Penanaman Modal kepada para pengikutnya di media sosial.
BEI Bahkan rutin Menyajikan sosialisasi dan edukasi langsung kepada publik terkait Penanaman Modal. Tahun lalu, katanya, ada 13 ribu kegiatan yang menjangkau lebih dari lima juta orang dilakukan oleh BEI bersama dengan para pemangku kepentingan.
“Kami senantiasa mengimbau Supaya bisa masyarakat memperhatikan legalitas pihak-pihak yang Menyajikan jasa dan produk Penanaman Modal Bursa Efek,” katanya.
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA