Jakarta, CNN Indonesia —
Kementerian Perdagangan (Kemendag) memanggil promotor Pentas Musik Mecimapro, PT Global Tiket Network (tiket.com), dan Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) untuk Menyajikan klarifikasi atas aduan konsumen terkait Pentas Musik Day6 bertajuk 3rd World Tour Forever Young yang digelar Sabtu (3/5) di Arena Pertandingan Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.
Melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN), Kemendag menegaskan langkah ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam memastikan perlindungan konsumen.
“Kemendag menindaklanjuti pengaduan konsumen, khususnya pembeli tiket Pentas Musik musik Day6, yang merasa dirugikan. Kami Sebelumnya bertemu dan meminta klarifikasi Mecimapro dan tiket.com,” ujar Dirjen PKTN Moga Simatupang dalam keterangan resmi, Jumat (7/5).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Menurut catatan Direktorat Pemberdayaan Konsumen, aduan yang masuk antara lain terkait pengembalian dana (refund) dan perubahan Tempat Pentas Musik yang berdampak pada penempatan kursi serta rencana akomodasi pengunjung.
Moga menegaskan pihaknya Akan segera mengawal proses pengembalian dana dan terus melakukan pembinaan serta pengawasan terhadap pelaku usaha untuk memastikan hak konsumen terpenuhi.
Ia Bahkan mengingatkan Supaya bisa pelaku usaha mematuhi regulasi yang berlaku dan tanggap dalam menyelesaikan pengaduan.
Dalam pertemuan tersebut, Direktur Mecimapro Fransiska Melani menyatakan pihaknya tengah memproses pengembalian dana yang ditargetkan rampung pada akhir Mei 2025.
“Progresnya Pernah mencapai 30-40 persen dari total tiket yang terjual,” ujarnya.
Ia menjelaskan analisis data konsumen masih dilakukan untuk memisahkan mereka yang mengajukan pengembalian dengan yang memilih tetap menonton Pentas Musik.
Melani Bahkan menyampaikan pembeli tiket yang mengajukan pengembalian melalui tiket.com Tidak seperti Pernah menerima nomor kursi atau antrean tetap diperbolehkan menonton sebagai bentuk tanggung jawab promotor.
Ditambah lagi dengan, Mecimapro Menyajikan fasilitas tambahan seperti lima Kendaraan Bus antar-jemput, kartu pos foto, jas hujan, layanan medis, dan makanan gratis.
Mecimapro berkomitmen untuk menyampaikan permohonan maaf secara resmi dan Akan segera terus melaporkan perkembangan pengembalian dana kepada Kemendag.
Konsumen yang membeli melalui mecimashop.com dan merasa dirugikan dapat menghubungi promotor lewat email ke [email protected].
Sementara itu, Ketua APMI Dino Hamid turut hadir dan mendesak Supaya bisa Mecimapro berkomitmen menyelesaikan pengembalian dana secara tuntas.
Legal Senior Manager tiket.com Martino Arnoldi menjelaskan pihaknya melakukan pengembalian dana karena Sampai saat ini 1 Mei lalu tidak menerima secara lengkap nomor antrean dan kursi dari pihak promotor.
Oleh karena itu, tiket.com mengambil langkah proaktif dengan memproses pengembalian dana demi kenyamanan konsumen.
Proses refund tiket.com berlangsung Sampai saat ini 14 Mei 2025, baik dalam bentuk dana tunai, saldo Bliblipay, Skor Blibli Tiket, maupun voucher hadiah yang dapat dicairkan.
Sampai saat ini 5 Mei, progres refund mencapai 40 persen dari total 6.900 tiket yang terjual dan Akan segera diproses otomatis bagi yang belum mengajukan.
Ketua Komisi Advokasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Fitrah Bukhari Bahkan hadir dan mendorong promotor untuk Mengoptimalkan edukasi kepada konsumen serta memperbaiki tata kelola penyelenggaraan Pentas Musik ke depan.
Kemendag mengimbau konsumen yang mengalami kerugian Supaya bisa memperjuangkan haknya. Pengaduan dapat disampaikan ke Direktorat Pemberdayaan Konsumen melalui WhatsApp di 085311111010 dengan melampirkan bukti pendukung.
Mecimapro sendiri Sebelumnya merilis pernyataan resmi terkait Pentas Musik DAY6 di Jakarta, Indonesia. Mereka selaku promotor buka suara beberapa hari setelah Pentas Musik DAY6 3rd World Tour [Forever Young] in Jakarta berlangsung pada 3 Mei 2025.
Dalam surel kepada CNNIndonesia.com, Kamis (6/5), promotor itu menyatakan masih menunggu arahan untuk merespons atau menangani permasalahan yang disoroti fan, salah satunya Merupakan refund. Berikut pernyataan lengkapnya.
“Kami Di waktu ini sedang berdiskusi dengan beberapa pihak termasuk APMI sebagai asosiasi yang menaungi kami secara profesional terkait dengan beberapa isu yang beredar di media sosial.
Kami memahami kekhawatiran dari banyak pihak dan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang Bisa jadi Sebelumnya ditimbulkan.
Di waktu ini kami menunggu arahan dari pihak-pihak terkait sehubungan atas hal ini dan Akan segera Menyajikan perkembangan selanjutnya setelah melakukan pertemuan dan diskusi dengan otoritas pemerintahan sesuai dengan kewenangannya masing-masing.
Kami mohon pengertian dan dukungan semua pihak Supaya bisa situasi ini dapat segera diselesaikan dengan baik.
Hormat kami,
MECIMAPRO.”
(del/sfr)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA