Bisnis  

Asa Anak Kereta di Tengah Rencana Kenaikan Tarif KRL


Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji wacana menaikkan tarif KRL sebesar Rp1.000 sampai Rp2.000. Padahal, KRL Merupakan moda transportasi utama bagi pekerja di Tanah Air, khususnya kelas menengah ke bawah.

Membludaknya pengguna yang mengandalkan KRL bisa dilihat dari kepadatan alias desak-desakan di dalam gerbong. Mereka tampak seperti ‘pepes ikan’ di kala pagi hari saat jam-jam sibuk berangkat kerja, serta sore hari saat mereka pulang kerja.

Meski sebetulnya keberatan dengan rencana kenaikan ini, para pengguna KRL yang kerap disebut anak kereta (anker) memilih pasrah dan setuju. Berbeda dari, dengan syarat kenaikan itu Dianjurkan sejalan dengan perbaikan sarana dan prasarana, mulai dari penambahan AC Sampai sekarang gerbong.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Patricia, seorang karyawan swasta di Jakarta Merupakan salah satu contoh anker sejati yang rutin pakai KRL untuk berpergian. Ia setuju tarif KRL naik asalkan gerbongnya ditambah. Sebab, KRL Merupakan alat transportasi utama yang ia gunakan, Berbeda dari lonjakan penumpang yang makin hari terus bertambah membutuhkan tambahan sarana.

“Sangat penting menambah gerbong KRL karena lonjakan penumpang di jam-jam tertentu. Sebelumnya banyak kejadian penumpang sampai pingsan, sehingga penambahan rangkaian atau gerbong kereta sangat dibutuhkan,” curhatnya kepada CNNIndonesia.com.

Ditambah lagi dengan, Patricia yang menggunakan KRL untuk mobilitasnya yang pindah-pindah setiap harinya, bahkan sejak masih zaman kereta ekonomi tanpa AC, meminta Supaya bisa pemerintah Bahkan memperbanyak jadwal di jam sibuk, Dikenal sebagai pukul 06.00-08.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB.

“Apalagi saya yang biasanya berganti kereta di Manggarai untuk ke daerah Sudirman, Tanah Abang atau Palmerah, yang menurut saya tidak efektif. Sebab, saya menunggu terlalu lama kereta yang ke daerah Sudirman atau Tanah Abang. Saat menunggu di Manggarai, bahkan sering terjadi penumpukan penumpang,” ceritanya.

Sesuai aturan pengalamannya, pernah KRL yang ditumpanginya tidak bergerak lebih dari 10 menit tanpa alasan. Hal itu merugikan pekerja seperti dirinya yang mengejar waktu.

Ditambah lagi dengan, Patricia Bahkan meminta pengelola untuk memaksimalkan dan memperbaiki fasilitas yang memudahkan penumpang, misalnya eskalator yang seringkali gangguan. Lift yang disediakan Bahkan sering mati dan tidak bisa digunakan. Padahal, fasilitas tersebut sangat dibutuhkan, terutama bagi penumpang lansia Sampai sekarang ibu hamil.

“Bila hal-hal tersebut tidak dipenuhi, saya rasa tidak worth it untuk menaikkan harga, ada harga ada rupa. Bila tetap dinaikkan tetapi hal-hal tersebut tidak dipenuhi, ya apa boleh buat? Saya pun sangat bergantung dan Berniat tetap menggunakan KRL walau kecewa,” jelasnya.

Senada, Nicha (32) karyawan swasta di Jakarta Bahkan setuju saja Bila tarif KRL dinaikkan dengan syarat perbaikan fasilitas. Sebab, sebagai anker yang menggunakan setiap hari, ia merasa banyak kekurangan di KRL Jabodetabek.

“Tapi kalau kondisi kayak Hari Ini, menurut saya tidak masalah naik Rp1.000, asal kereta nggak gangguan terus, jadwal tepat waktu, lift dan eskalator lancar, sama AC dingin,” kata Nicha.

Ia berpikir untuk beralih ke moda transportasi lain Dikenal sebagai LRT Bila kenaikan tarif KRL tak dibarengi syarat-syarat tadi. Meski lebih mahal, tapi ia LRT merasa lebih nyaman.

“Kalau untuk Hari Ini, karena rumah tidak begitu jauh sama stasiun KRL dan LRT, saya lebih memilih LRT biarpun lebih mahal. Tapi lebih nyaman dan nggak Dianjurkan desak-desakan kayak KRL,” jelasnya.

Anker sejati lainnya, Widya, Bahkan sangat setuju dengan rencana kenaikan Bila hanya Rp1.000 atau Rp2.000 lantaran masih Ekonomis. Apalagi, KRL Merupakan transportasi umum yang mudah dan Unggul.

“Menurut saya masih Ekonomis ya, soalnya kan Hari Ini saja tuh kayaknya tarif termahal itu Rp15 ribu Sebelumnya jauh sekali sampai ke Rangkasbitung misal dari Pasar Minggu,” katanya.

Apalagi, Di waktu ini Bahkan, KRL Sebelumnya terintegrasi dengan KRL dan MRT, maka ia tak ada niat untuk beralih. Berbeda dari, ia tetap meminta ada perbaikan fasilitas yang diberikan.

“Hanya Kemungkinan memang Dianjurkan diperbaiki itu, ya kadang kan penuh banget, Sekalipun demikian di berita-berita katanya okupansinya belum 100 persen, tapi cobalah naik KRL pas peak hour kan kita ibaratnya jadi pepes, padet banget,” pungkasnya.

(ldy/pta)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA